-->

Installasi Android Asus Eee Pc 4G Surf

Assalamu alaikum Wr Wb,

Bermula dari saya mendapatkan netbook Asus Eee Pc 4G dari temen,
sebenernya beli cuman dengan harga yang sangat murah... coz harganya mang jatuh banget.
Tapi saya dah jatuh cinta ama netbook ini sejak pada pandangan pertama pas kuliah... ce ilee...(the comment).
Penampakan gress Asus Eee Pc Surf series

Berikut spek singkat netbook ini.

Manufacturer         :  ASUS
Model name          :  Eee PC 4G Surf
CPU type              :  Intel Celeron-M
CPU speed            :  633 Mhz (over clock 900mhz, pantesan rasanya lebih panas)
Graphics                :  Intel GMA 900
OS                         : windows xp
Display Size          : 7.0" 800 X 480
RAM                     : 512 MB(di upgrade 2Gb)
Flash                      : 3.9 GB(SSd, jadi memory internal kecil banget)
Battery capacity    :31 (Wh)
Weight                   :920gm / 32.5 oz.
Size (w/h/d mm)    :    225/165/35.0 mm
Size (w/h/d inches):    8.9/6.5/1.4

Pertama ngliat ni netbook pas kuliah barang masih bagus cuman kena virus parah banget, tapi udah fix. Selang kurang lebih 4 tahun kemudian saya mendapatkan netbook ini dalam keadaan yang menyedihkan, tapi namanya cinta yah tak lekang oleh waktu... gkgkgk.

Saya instal ulang pake windows xp, kurang lebih 1hari penuh, disitu saya cuman dapet sisa memory ssd cuman 300an Mb, ternyata terpaging 1Gb an dan cache memory 500an Mb. Lalu saya kurangi pagingnya dan hapus cache memorynya, dah install browser, media player, musik, driver, office, babibu... habis sudah memory lagi belum antivirus.

Jalan keluarnya cuman harus ganti operating system selain win xp, disini pilihannya linux ama android x86 yang dah lama saya idam-idamkan.

Memulai installasi Android x86

ohya disini saya tidak memberi tutorial cuman gambaran pengalaman saya saja... Cmiiw :)
hampir setahun saya menyimpan .iso Os android x86 dah saya coba memakai virtual box untuk installasinya cuman memang tidak semua hardware dia support.
saya menggunakan Lenovo G470 untuk mencoba di virtual box, Os android ics x86 berjalan, hanya saja sound ama wifi tidak mau terdetek dan beberapa aplikasi crash.

lalu saya main ke forum-forum terutama Kaskus yang ngebahas tentang Android x86 sebagai alternatif operating system, di situ saya mendapatkan beberapa pencerahan.

Oke kita mulai memasak saja berikut bahan-bahannya.

1. OS Android x86 .iso, temen-temen bisa dapatkan disini (http://www.android-x86.org/download).    Pilih yang sesuai dengan laptop atau hardware temen2.
klo ga ada boleh coba-coba saja... resiko tanggung sendiri.
2. Download dahulu program UNetbootin di http://unetbootin.sourceforge.net/. program ini buat membuat booting di Usb temen-temen.
3. Pilih versi untuk OS yang Anda gunakan.
4. Setelah terdowload, jalankan UNetbootin.
5. Check pada Disk Image. Pilih ISO. Pada kolom sebelahnya klik tombol browse yang bertuliskan kotak dengan tiga titik. Pilih file Instalasi OS yang mau diinstal.
6. Pada kolom type pilih Harddisk jika ingin menginstal pada Harddisk atau Flash drive jika ingin menginstal pada Flash Disk. Untuk kolom space used to preserve file across reboot dibiarkan saja karena itu hanya untuk Ubuntu atau Linux.
7. Pada kolom Drive, pilih drive yang akan dimasukkan instalasi OS.
8. Klik Ok. Tunggu beberapa menit karena UNetbootin akan mengekstrak file OS.
9. Setelah selesai komputer/laptop Agan akan restart. Kemudian muncul 2 pilihan. Pilih Boot melalui Windows atau UNetbootin. Pilih UNetbootin
10. Atau anda bisa memilih boot melaui Usb dari laptop temen-temen.
11. Ikuti langkah-langkahnya dalam menginstal OSnya. Temen-temen kalau kurang yakin bisa mencoba dulu CD live android pada option pertama.
12. Untuk instalasi pada harddisk pilih option terakhir, usahakan gunakan partisi linux untuk memudahkan instalasi (ext2, ext3), untuk windows(fat32, ntfs) kemungkinan bisa cuman akan ada kesulitan kedepannya.
13. Setelah membuat partisi ikuti saja step by stepnya.
14. Setelah selesai, Temen-temen sudah bisa menikmati OS yang temen Instal.
Penampakan 1

tutorial lengkap temen-temen bisa temukan disini http://www.android-x86.org/ dan main saja ke forum kaskus Kaskus .

Setelah selesai instalasi saya cukup puas dengan hasilnya.
Penampakan 2
Penampakan system melaui cpuz

kelebihan:
- layar Eeepc yang cuman 7" jadi fix, dari pada windows xp yang kurang nyaman.
- memory internal jadi lebih lega.
- banyak aplikasi android yang berjalan lancar.
- semua system berjalan lancar, wifi, usb mouse, keyboad, track pad, sound.
- perpindahan menu berjalan responsif.

 Ini memang karena Osnya sudah di full support untuk asus Eee Pc Surf

kekurangan:
- beberapa aplikasi populer mengalami crash atau tidak support

tapi hal ini bisa diatasi dengan trial and error, dengan menambah aplikasi lain atau sejenis yang mampu berjalan.

kesimpulan:
Os Android x86 mampu berjalan dengan baik di beberapa hardware, tapi tidak cukup sempurna
karena memang hasil portingan Arm ke Intel(saya sendiri juga kurang begitu paham...gkgkgk). tapi karna android ini dibangun dari dasar linux maka memungkinkan bagi pengembang linux untuk menjalankan ke PC...(jago dah buat mereka).

Os ini masih terus dikembangkan, saya harapkan lebih setabil lagi, saat ini sudah ada updateannya sampai jellybean, tapi menurut review untuk yang lebih stabil masih dipegang gingerbread sama ics.

Saya pikir teknologi yang hebat itu adalah teknologi yang menggunakan sumberdaya yang kecil namun menghasilkan dampak yang besar... Cmiiw.

Rasanya cukup menyenangkan bisa menjalan Android di Pc. Bagi temen-temen yang mau mencoba, saya sarankan untuk mencoba... tapi resiko tanggung sendiri.

Sekian dari saya semoga bermanfaat.

walaikum salam wr wb.
fin_inlove
aku adalah ifin,aku gimana yah...ga tau ah...yang nilai aku kan kalian...juga aku adalah seorang yang sedang mencari...mencari apa aja untuk kehidupan...yang penting halal.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter