-->

Installasi Xubuntu


Assalamu alaikum Wr Wb,

Alhamdulillah di pagi yang cerah ini... karena lampu kamar saya masih menyala... diluar sebenernya mendung...:)
Sebelumnya saya memposting bagaimana installasi android diPC... Nah sekarang kita akan mencoba Instalasi Xubuntu.
ohya sekali lagi saya tidak sedang membuat tutorial, hanya berbagi pengalaman saja.
Kenapa harus Xubuntu? Karena dalam hardisk saya cuman ada file .iso Xubuntu, yang kebetulan dikasih 
sama adik keponakan saya yang masih SMA. :D

Sebenernya banyak variasi operating sistem untuk PC, kita orang awam lebih familiar pada windows. Kalau Allah mengijinkan sebenernya saya lebih menginginkan perangkat Mac, walaupun sebenernya ada juga Hackintos yang bisa dipaksakan di perangkan PC pada umumnya dengan spesifikasi tertentu... Cmiiw

Kita juga mulai mengenal Os android walaupun orang awam lebih mengenal hape android dari pada sebagai Os, dan tidak menutup kemungkinan android akan menjadi Os utama kelak.

Operating system yang akan kita gunakan saat ini adalah linux. Sebenernya banyak sekali varian linux yang sangat layak digunakan dari yang buatan indonesia BlankOn sama IGO setahu saya dan yang paling terkenal Ubuntu. Linux konon juga banyak digunakan untuk server jaringan karena keunggulan keamanan datanya(Cmiiw). Saya pertama mengenal linux dari awal kuliah yaitu linux Red hat, sampai sekarang pun saya masih ga ngerti sama command di Terminalnya (walaupun saya punya warung baso namanya Terminal Rasa :D).

Jadi disini mari kita belajar linux dengan memulai menginstal di komputer anda sekalian. Untuk belajar menginstal linux ada beberapa cara :
1. bisa dengan virtual machine
2. dual boot (berdampingan dengan windows atau os lainnya)
3. dan langsung diinstal pada harddisk

Kita pilih option terakhir, karena menurut saya lebih optimal belajarnya. Jadi kita tidak perlu bolak balik dari Os satu ke Os lainnya.
Tapi ini tergantung dari kenyamanan pemirsa. Jadi yang punya komputer jadul ga kepake instalin linux aja.

Saya akan menginstal Xubuntu ini dengan menggunakan Usb drive, kenapa ga yang lain mas. Soalnya ga ada dvdnya om (lah ko di panggil om), 
lagian usb lebih praktis. Siapkan bahan-bahannya :
1. Siapkan mental dan berdoa.
2. Komputer, laptop, netbook dan sejenisnya.
3. bahan linuxnya xubuntu-9.10-desktop-i386.iso (dalam bentuk .iso), sebenernya ada versi diatasnya tapi saya hanya punya ini dan males donlod.
mungkin nanti saya update.
4. Universal-USB-Installer.exe (ini untuk membuat bootload kedalam FD anda sekalian)


Memulai instalasi 
1. Colokkan Usb Fdd lalu restart komputer anda.
2. Pilih boot melalui Usb (selanjutnya step by stepnya bisa lihat di gambar, tinggal >>Forward<< aja).
2.1 Boot melaui Usb Fdd

2.2 Pilih Instal Xubuntu
3. Untuk mencoba mencoba tanpa perlu menginstal pilih option pertama >>Try Xubuntu, tapi kita akan langsung ke step kedua saja >>Install Xubuntu.
3.1 Pilih bahasa lalu forward
3.2 Pilih lokasi Lalu Forward
3.3 Pilih Bahasa keyboard lalu Forwad
3.4 Pilih Option Pertama lalu forward
4. Pada gambar 3.4 agan bisa memilih option ke dua untuk membuat partisi, tapi saya pilih option pertama saja. Coz sempet mentok disitu, mungkin ada suhu yang bisa ngasih tahu.Cmiiw

4.1 Isi semua kolom yang dibutuhkan lalu forward
5. Tunggu semua instalasi sampai beres.
 hasilnya...
Taraaa
Setelah selesai pengalaman saya menggunakan Xubuntu ini adalah sistem operasi komputer yang sangat ringan dengan tampilan cukup menyenangkan. Karena Xubuntu adalah sebuah distribusi Linux dan varian resmi yang berbasiskan Ubuntu yang menggunakan lingkungan desktop Xfce.
Xubuntu ditujukan untuk pengguna yang menggunakan komputer dengan kinerja rendah atau mereka yang mencari lingkungan meja yang lebih efisien pada komputer dengan kinerja tinggi

Wifi pada netbook saya langsung bisa di pakai buat internetan dengan mudah. Usb Flash disk dengan mudah bisa di baca atau di akses melalui Xubuntu ini.

Tapi sayang saya kesulitan menggunakan command terminal pada xubuntu, saya juga kesulitan menginstal codec untuk audio dan video. Mungkin sambil berjalan akan terbiasa... so selamat men coba... :)

walaikum salam wr wb.


fin_inlove
aku adalah ifin,aku gimana yah...ga tau ah...yang nilai aku kan kalian...juga aku adalah seorang yang sedang mencari...mencari apa aja untuk kehidupan...yang penting halal.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter